Rabu, 08 September 2010

Shinjuku is The Town that Never Sleeps......


SHINJUKU (新宿 区) adalah salah satu dari 23 district di Kota TOKYO, merupakan pusat komersial, administrative, perumahan, pemerintahan dan juga merupakan salah satu stasiun yang tersibuk di TOKYO. 

Dengan jumlah penduduk sebesar 312,418 dan kepadatan penduduknya 17,140 penduduk per km² dengan luas 18.23 km².

SHINJUKU terbagi menjadi 6 wilayah bagian yaitu : Chiyoda ke timur; Bunkyō dan Toshima di utara; Nakano ke barat, dan Shibuya dan Minato di selatan. Titik tertinggi di Shinjuku adalah Hakoneyama (箱根 山) Di Toyama Park di 44,6 m. Titik terendah adalah 4,2 m dekat Iidabashi.

Daerah di sekitar Shinjuku Station lebih didominasi oleh perhotelan, department store, bioskop, restauran, toko-toko elektronik dan kamera, perumahan elit,  tetapi sebagian kecilnya masih terdapat kawasan perumahan campuran.

Adapun daerah yang terkenal di SHINJUKU adalah:
  • Ichigaya: Sebuah kawasan komersial di Shinjuku timur, merupakan situs Departemen Pertahanan.
  • Golden Gai: Sebuah daerah yang bergaya bar dan klub kecil. Musisi, artis, aktor dan sutradara berkumpul di sini, dan banyak dinding ditempeli dengan poster-poster film. 
  • Kabukichō: Sebuah distrik lampu merah yang terkenal dengan bar, restoran, dan kegiatan yang berkaitan dengan seks. 
  • Kagurazaka: Salah satu hanamachi terakhir Tokyo yang merupakan sisa-sisa geisha.
  • Nishi-Shinjuku: Pusatnya bangunan-bangunan pencakar langit. Beberapa bangunan tertinggi di Tokyo  terletak di daerah ini, termasuk Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo (TMGB), KDDI Bangunan dan Park Tower. Terletak di sebelah barat Stasiun Shinjuku. 
Di Nishi Shinjuku ini juga terdapat dekorasi LOVE, yang hanya ada di beberapa negara di dunia termasuk salah satunya di Jepang. Bisa dilihat di foto berikut:
  • Ōkubo: terkenal sebagai district-nya korea di TOKYO.
  • Shinjuku Gyoen adalah sebuah taman besar, 58,3 hektar, merupakan pencampuran tradisional Jepang dan Inggris dengan pemandangan taman gaya Perancis.
  • Takadanobaba dan Waseda: Wilayah antara Waseda University, salah satu universitas swasta paling bergengsi di Jepang, dan Takadanobaba Station merupakan sebuah area perumahan dan kehidupan malam bagi para pelajar/siswa.
Seperti daerah lain yang ada di Tokyo, Shinjuku memiliki status setara dengan sebuah kota. Walikota saat ini adalah Hiroko Nakayama. Dewan lingkungan (区 议会) terdiri dari 38 anggota yang terpilih. Partai Liberal Demokrat dan Partai Komeitō Baru bersama saat ini memegang mayoritas. Partai Demokrat Jepang, Partai Komunis Jepang dan Partai Sosial Demokrat juga diwakili bersama-sama dengan empat independen. Adapun kantor kota Shinjuku's (区 役 所) terletak di tepi tenggara Kabukichō.

Lingkungan Shinjuku yang asri dengan didukung dengan fasilitas perhotelan dan transportasinya, membuat Shinjuku menjadi tempat tujuan bagi para wisatawan dari manca negara yang sedang berkunjung ke Jepang.

Shinjuku merupakan pusat transit utama perkotaan. Di Stasiun JR Shinjuku sekitar 3.640.000 orang diperkirakan melewati setiap hari, sehingga stasiun ini merupakan stasiun tersibuk di dunia. Terdapat tiga jalur kereta bawah tanah (subway) dan tiga jalur komuter swasta, serta beberapa baris JR.

Untuk menuju ke Shinjuku, sangat mudah sekali aksesnya. Anda hanya perlu menggunakan JR Yamanote Line dari Tokyo Station. Jalur ini merupakan Loop Line. Jadi sangat mudah bagi anda. Dalam Loop Line ini, akan sangat memudahkan anda untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya, yaitu Shibuya, Harajuku, Akihabara, Ikebukuro dan lain-lainnya yang masih dalam satu loop. Ingin tahu tentang Shinjuku, bisa dilihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=i12bIqfRXJM

Tertarik ingin mengunjungi Shinjuku ???

Silahkan jika ada berkesempatan pergi ke negeri sakura, jangan lewatkan Shinjuku. Karena ada banyak hal yang bisa anda jumpai disini, termasuk Tokyo Metropolitan Government Building, dari gedung ini anda bisa menikmati seluruh pemandangan Shinjuku. Bisa dilihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=wFy6_hamXI0  (*Jangan khawatir, untuk masuk ke TMGB tidak ada tiket masuk apapun, semuanya GRATIS...)

Anda juga bisa mengunjungi Tokyo Opera City dan Shinjuku Gyoen serta Shinjuku Southern Terrace.

Selamat berwisata ya.... :-*...

*Salam sejuk dari negeri sakura....


by: imma.w.a.
Sakura-ku, Saitama-shi
Japan
September 2010





4 komentar:

SunDae mengatakan...

Imma, mau tanya2 soal Tokyo bolehkah? tadi nyoba ke FB.mu tapi kok gak ada yah??! atau boleh gak minta email.mu Ma... :) Makasih yah.

imma.ub.saitama mengatakan...

nice to meet you too... bisa link ke fb aja di http://www.facebook.com/imma.w.agustin

Unknown mengatakan...

It's so cool. I like it. I love Japan. You are lucky cause can went to Japan.

imma.ub.saitama mengatakan...

Thank you...