Selasa, 07 September 2010

Shibuya is The Most Popular Gathering Place for Ultra Fashion-Conscious Young Men and Women.......

Shibuya (渋 谷 区) adalah salah satu dari 23 district yang ada di TOKYO, Japan. Pada tahun 2008, penduduknya sekitar 208.371 dengan kepadatan penduduknya 13.540 orang per km ². 

Ketika kemudian terdapat loop-line YAMANOTE line pada tahun 1885, Shibuya menjadi salah satu station di bagian barat daya TOKYO sekaligus sebagai pusat hiburan dan komersial. 

Di shibuya, kita bisa menjumpai banyak sekali tempat-tempat fashion dan shrine/temple di era MEIJI. Salah satu shopping center yang terkenal adalah Shibuya Mark City. Sebagai pusat bisnis sekaligus shopping. 

Satu lagi yang sangat terkenal adalah patung HACHIKO, patung ini memiliki kisah yang sangat mengharu biru. Tentang sebuah KESETIAAN. Seekor anjing yang selalu setia menanti tuannya kembali di station dari tahun 1923 - 1935. Kisah ini terkait dengan patung Prof. UENO di Ueno Park. Bisa dilihat disini tentang Ueno Park: http://immasaitama.blogspot.com/2010/07/all-about-ueno-park-most-popular-public_9931.html Begitu legendarisnya kisah ini, hingga akhirnya dibuatlah patung HACHIKO di station Shibuya, yang disekelilingnya terdapat Hachiko Square.

Selain patung HACHIKO, disini juga terdapat bus yang difungsikan sebagai museum. Banyak foto-foto dipajang didalamnya, tentang sejarah SHIBUYA. Bagaimana kondisi Shibuya pada awalnya hingga sampai menjadi Shibuya yang megah seperti sekarang.

Banyak yang harus dikorbankan, penggusuran tempat tinggal yang akhirnya disulap menjadi jalan raya serta pergantian rel kereta api menjadi jalan raya. Tempat yang dulu kumuh telah berubah menjadi kota metropolitan yang megah dan indah.

Shibuya terkenal dengan perumahan kalangan kelas atas. Sehingga tidak heran jika hampir sebagian baju-baju yang dijual di beberapa mall sangatlah mahal dan ber-merk.

Shibuya juga terkenal sebagai tempat berkumpulnya anak-anak muda di Jepang yang sangat menyukai fashion. Tak heran jika Shibuya station dikelilingi oleh super mall, salah satunya adalah "Ichi-Maru-kyu".

Lokasi Shibuya sendiri berdekatan dengan HARAJUKU, sehingga tempat ini benar-benar pusatnya anak-anak muda di Jepang, khususnya pada hari Sabtu-Minggu. Saya pernah menulis tentang HARAJUKU, bisa anda lihat disini: http://immasaitama.blogspot.com/2010/04/harajuku-style-harajuku-streettakeshita.html

Ketika kita melihat foto-foto sejarah Shibuya, begitu banyak hal yang bisa kita ambil manfaatnya darisana. Begitu banyak perjuangan dan dana yang dibutuhkan untuk menyulap Shibuya menjadi kota metropolitan seperti sekarang.

Wajar jika negara kita masih perlu banyak belajar tentang bagaimana membuat kota menjadi lebih livable.

Jika anda menyukai shopping dan fashion, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Shibuya. Karena dari Shibuya, anda juga bisa menuju ke Harajuku.

Di shibuya, kita juga bisa mengunjungi YOYOGI PARK. Sebuah taman yang menjadi salah satu pusat OLIMPIADE MUSIM PANAS pada tahun 1964.

Sangat sejuk dan menyenangkan.... Anda juga bisa menikmati beberapa konser musik disana pada waktu-waktu tertentu, juga beberapa festifal.

Untuk menuju ke Shibuya, anda bisa menggunakan YAMANOTE LINE dari Tokyo Station, berhenti di Shibuya Station.

Tertarik ke Shibuya ????....

Silahkan berkunjung ke Shibuya jika anda ada waktu berlibur ke negeri sakura....

*Salam sejuk dari negeri sakura



by: imma.w.a.
721-8 Kami-okubo, Sakura-ku
Saitama-shi
Japan





Ini adalah salah satu foto sejarah SHIBUYA, sebelum dan sesudah..... ^_^.... Sangat fantastik sekali bukan ???....





















Ini adalah logo HACHIKO yang menjadi salah satu dekorasi dari buas peristirahatan di Shibuya station. Didalam bus ini, anda bisa melihat foto-foto sejarah Shibuya.



Tidak ada komentar: