Kamis, 09 September 2010

SUICA : Smart Card yang Multiguna...... (*Perjalanan jadi lebih praktis & menyenangkan....)

SUICA adalah salah satu kartu yang WAJIB kita miliki jika kita tinggal di negeri sakura, khususnya di kawasan kantou. Kenapa begitu??? karena keberadaannya sangat multiguna. Jika kita memiliki SUICA, lebih praktis dan hemat ketika kita harus melakukan perjalanan kemanapun di wilayah kantou.

Apa sih sebenarnya SUICA itu ????

SUICA ini sering disebut sebagai "smart-card" yang dapat diisi ulang dan digunakan sebagai kartu pembayaran dalam transportasi baik itu kereta api maupun bus dan juga sebagai pengganti "uang elektronik" untuk membeli makanan/minuman di toko atau kios atau mesin yang ada di station. SUICA ini pertamakali diperkenalkan pada bulan November, tahun 2001. Saat ini dapat dipergunakan di wilayah kantou, Sendai dan Niigata. Suica ini juga dapat digunakan bergantian dengan kartu ICOCA  di kawasan Kansai yaitu Sanyo, Okayama, Hiroshima dan Yamaguchi. 

Dalam penggunaannya, anda harus mengisi ulang SUICA ini. Jika anda membelinya di station, 1 SUICA seharga 2000 yen dengan isi 1500 yen. Jika isi SUICA anda telah habis, anda harus mengisinya di mesin pengisian suica (*lihat foto disamping kanan).

Mesin pengisian ulang SUICA ini biasanya terdapat di station.

Untuk mengisinya bisa menggunakan uang kertas paling kecil 1000 yen atau juga menggunakan uang coin mulai dari 10 yen hingga 500 yen.

Pertamakali, siapkan dulu jumlang uang yang ingin anda masukkan untuk mengisi SUICA anda. Misalkan 1000 yen, lalu masukkan kartu SUICA anda kedalam mesin isi ulang.

Kemudian, masukkan uang anda sebesar 1000 yen di tempat pemasukan uang (*lihat foto disamping kiri...)

Kemudian tekan tanda 1000 yen, dan enter. Selanjutnya kartu SUICA anda sudah secara otomatis bertambah isinya 1000 yen.

Lebih jelasnya bisa dilihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=cxAnY3FX0UE  (*video ini saya ambil ketika saya pergi ke Kita Yono station dari Minami Yono station).

Ketika anda akan memasuki station, anda harus melewati mesin detect SUICA.

Nah, disini anda harus menempelkan SUICA anda di mesin bertanda huruf "SUICA" yang menyala berwarna biru (*lihat foto di samping kanan).

Disitu juga akan tertera jumlah atau total dari biaya perjalanan anda ke tempat tujuan. Jadi anda bisa melihat berapa yang masih tersisa dari isi SUICA anda.

Jangan lupa, untuk tidak terlalu lambat dalam melewati mesin ini. Karena bisa jadi pintu akan tiba-tiba tertutup secara otomatis sebelum anda melewatinya jika anda terlalu lambat.

Jika anda tidak mempunyai suica,dan kebetulan membeli tiket langsungan di station. Anda harus memasukkan tiket tersebut kedalam mesin ini juga. Dan tiket itu akan muncul kembali di bagian depan, untuk anda simpan dan jangan sampai terlipat. Karena anda harus memasukkan tiket itu lagi di pemberhentian terakhir tujuan anda.



Perhatikan foto disamping kiri, lihat TANDA BIRU menyala .... itu adalah tempat dimana anda harus menempelkan suica anda sebelum memasuki station.


SUICA ini juga bisa anda pergunakan sebagai "uang elektronik" untuk membeli makanan atau minuman di toko-toko atau kios ataupun mesin yang ada di station.

Perhatikan foto disebelah kanan, itu adalah salah satu mesin minuman yang bisa anda beli dengan menggunakan SUICA.


Ini adalah tempat pembayaran SUICA di mesin minuman (*Perhatikan gambar di sebelah kiri). Anda bisa menempelkan SUICA anda di tempat suica atau jika tidak, anda juga bisa menggunakan uang cash. 

Baik itu uang lembaran (*1000 yen) ataupun uang coin sesuai dengan harga minuman yang tertera di mesin.
Selain dipergunakan sebagai alat pembayaran dalam transportasi kereta api dan pembayaran makanan atau minuman di mesin, SUICA ini juga dipergunakan dalam transportasi bus.

Khususnya di kawasan Kantou, Sendai dan Niigata. Bisa juga dipergunakan di kawasan Kansai seperti Hiroshima, Yamaguchi dan Okayama.

Untuk kawasan Kansai (*Kyoto) agak sedikit berbeda. Terkadang kita tidak bisa menggunakan SUICA ini untuk bus kota, tetapi untuk kereta api baik itu subway ataupun JR masih bisa kita gunakan. 

Perhatikan foto diatas, itu adalah salah satu bus yang ada di kawasan Kantou khususnya TOKYO.

Ketika pertama kali memasuki bus (*biasanya pintu masuknya berada di bagian belakang, dan pintu keluar berada di bagian depan), anda harus menempelkan SUICA anda ke mesin suica yang ada di pintu masuk bus (*perhatikan foto di sebelah kiri).

Karena ada sedikit perbedaan bus di kawasan Kantou dan kawasan Kansai (*khususnya KYOTO dan Nara).

Pintu masuk bus di kawasan Kansai (*Kyoto dan Nara) berada di bagian depan termasuk pembayaran tiket karena tidak bisa menggunakan SUICA, dan pintu keluar berada di bagian belakang. Jadi, terbalik dengan kawasan Kantou (*Tokyo).


Jika anda tidak ingin menggunakan SUICA saat menaiki bus kota dan ingin membayar dengan uang cash, anda harus membayarnya dengan uang PAS !!!.

Jadi, ketika anda tidak mempunyai sejumlah uang yang PAS, maka anda harus menukarkan uang anda dalam bentuk coin.

Perlu diingat disini bahwa: penukaran uang lembaran maksimal adalah 1000 yen. Jadi, jika uang anda 5000 yen atau 10.000 yen, jangan harap anda bisa menukarkannya di mesin penukar uang dalam bus. Jadi setidaknya anda harus menyiapkan 1000 yen untuk ditukarkan.

Adapun mesin penukaran uangnya seperti dalam foto di sebelah kanan.

Anda juga bisa menukarkan uang coin anda 100 yen atau 500 yen di mesin tersebut, sehingga nantinya anda bisa memiliki uang pecahan atau coin puluhan yen. Karena terkadang tarif bus antar statiun terdekat adalah 170 yen. Pastinya anda memerlukan uang pecahan puluhan dan lima puluhan. Untuk itu di mesin itu disediakan penukaran lembarana 1000 yen dan khusus coin 100 yen atau 500 yen.

Semuanya serba praktis dan mudah bukan?????....

Sekarang anda sudah tidak bingung lagi mengenai bagaimana pembayaran transportasi kereta api dan bus di negeri sakura bukan ?....

Satu hal terakhir yang terpenting yang HARUS anda pahami adalah tentang rute kereta api ataupun bus. Jadi setidaknya anda harus mempunyai peta jalur JR dan subway.

Segalanya akan lebih mudah bagi anda jika anda memiliki peta tersebut. Dan pastinya tidak akan membuat anda tersasar dalam perjalanan anda.

Untuk lebih memudahkan perjalanan anda, sebaiknya anda mengecek tentang jadwal pemberangkatan kereta atau bus dan juga jenis kereta dan station yang mungkin harus berpindah atau norikai.

Anda bisa melihat website berikut ini: http://www.jorudan.co.jp/english/ 

Dari website tersebut anda bisa mengetikkan station asal dan tujuan anda juga waktu rencana keberangkatan anda. 

Secara otomatis akan dijelaskan jenis kereta apa saja yang harus anda pilih dan di station mana saja anda harus berganti kereta. Apakah tetap menggunakan JR train ataukah norikai menggunakan subway.

Sekarang sudah semakin jelas bukan ????.... Selamat berlibur di negeri sakura ya.... :-*...


* Salam sejuk dari negeri sakura...


by: imma.w.a.
721-8 Kami-okubo, Sakura-ku
Saitama-shi
Japan
September 2010


Tidak ada komentar: