Minggu, 25 April 2010

Takoyaki no Tabemono wa Oishishou desu…..

Menyukai wisata kuliner ??? Sepertinya anda harus mencoba camilan khas jepang si bulat mungil TAKOYAKI. Makanan berbentuk bola yang berisi “gurita” ini dinamakan Takoyaki (たこ焼き).

Takoyaki dijual dalam sebuah tempat yang berbentuk perahu, berisi 5-6-8 bola. Takoyaki yang sangat terkenal di seputar TOKYO adalah takoyaki GINDACO, isi 8 seharga 600 yen. Di Ameya Yokocho, Ueno, ada takoyaki isi 4 harganya 300 yen (tapi bukan buatan GINDACO lho…), rasanya agak sedikit beda :)….

Ingin tahu seperti apa pembuatan takoyaki ?… bisa dilihat di video berikut ini:
http://www.youtube.com/watch?v=1kS7r3G6unQ

(*Video pembuatan takoyaki ini saya rekam dari kamera saku di GINDACO Takoyaki, Saitama-shi, Japan)

Takoyaki dimakan dengan menggunakan sumpit. Jadi, saat kita membeli takoyaki ini kita akan diberikan sepasang sumpit. Takoyaki dapat dijumpai di toko-toko swalayan, salah satunya di pusat perbelanjaan JASCO juga di pasar tradisional misalnya di AMEYA YOKOCHO, Ueno.

Takoyaki terbuat dari tepung terigu, benishoga (asinan jahe), konbu (rumput laut), konnyaku (sejenis jelly), tenkasu (sejenis rice crispy), katsuo bushi (dari sejenis ikan), saus okonomiyaki (rasanya pedas manis), mayones dan bayi gurita.

Takoyaki ada 3 jenis, takoyaki polos (tidak memakai saus), takoyaki dengan saos (biasanya diatasnya ditaburi mayones) dan takoyaki kecap asin (biasanya diolesi kecap asin).

Suka dengan takoyaki ???

Jika anda berkesempatan berlibur/berwisata ke negeri sakura, jangan lewatkan untuk membeli TAKOYAKI…. Hemmmm… oishishou desu….

*Salam sejuk dari negeri sakura

Tidak ada komentar: