Minggu, 25 April 2010

Kamakura : A Coastal Town in Japan…..

KAMAKURA terletak di sebelah selatan TOKYO, sangat terkenal dengan Patung Budha yang sangat besar atau disebut “Daibutsu”, juga beberapa temple dan shrine atau kuil dan tempat-tempat suci bagi umat Budha.

Patung Budha atau dinamakan dengan Daibutsu ini terbuat dari perunggu. Dengan tinggi 13.35 m dan berat 93 ton, merupakan patung Budha terbesar kedua di Jepang setelah TODAIJI di Nara.

Kita bisa masuk kedalam patung Budha/ Daibutsu ini, begitu menakjubkan berada didalamnya. Didesain dengan sebuah jendela kecil, sehingga dari dalam kita bisa mengamati sekeliling yang ada di luar dari balik jendela di dalam Daibutsu.

Untuk menuju ke Daibutsu, dari Kamakura station, kita harus berpindah menggunakan kereta khusus atau bisa juga menggunakan bus yang memiliki desain yang unik. Dari station Daibutsu, kita masih harus menempuhnya dengan berjalan kaki. Tetapi, selama dalam perjalanan menuju ke Daibutsu, kita bisa menikmati beraneka ragam pusat souvenir yang ada di tepian jalan. Sangat nyaman untuk sekedar window shopping :)

Sebelum sampai di Daibutsu, KAMAKURA, kita bisa singgah di Hasedera Temple. Terletak di dataran tinggi/perbukitan dari KAMAKURA.

Disini terdapat sebuah taman dan kolam yang sangat indah, juga patung-patung kecil berjajar rapi yang dinamakan “jizo” dan sebuah Bentenkutsu yaitu sebuah gua yang sangat panjang dengan beberapa pintu yang didalamnya terdapat banyak patung2 kecil dan dilengkapi dengan banyak lilin sebagai penerangan.

Kita juga bisa melihat pemandangan KAMAKURA dari atas bukit yang ada di Hasedera Temple. Agak sedikit melelahkan untuk sampai ke puncaknya, tetapi saat kita sudah berada di puncak tertinggi dari Hasedera, kita bisa melihat seluruh KAMAKURA beserta keindahan pantainya…….

Tepat di seputaran Kamakura station, terdapat sebuah temple dan shopping area yang didesain khusus untuk pejalan kaki.

Saat kita berjalan-jalan di kawasan itu, kita jadi teringat dengan desain kota-kota di EROPA yang identik dengan pedestriannya.

Banyak kerajinan khas dari KAMAKURA, salah satunya adalah boneka khusus buatan tangan. Sangat cantik dan indah :)

Selain itu, kita bisa melihat koleksi guci-guci bersejarah yang ada di KAMAKURA. Dengan desain-desain yang mempunyai arti masing-masing, sangat unik dan indah.

Tertarik untuk mengunjungi KAMAKURA ???

Jika anda berkesempatan mengunjungi TOKYO, Japan, anda bisa menggunakan jalur kereta api dari TOKYO Station menuju ke Kamakura dengan menggunakan JR Train.

Dengan menggunakan Tokaido Line dari Tokyo station, anda harus berhenti di Ofuna station untuk norikai/berpindah kereta, dengan Shonan Shinjuku Line menuju ke Kamakura station.

Dari Tokyo station menuju ke Ofuna sekitar 46.5 km dapat ditempuh dalam waktu 45 menit. Selanjutnya, dari Ofuna menuju ke Kamakura sekitar 4.5 km dapat ditempuh dalam waktu 6 menit dengan Shonan Shinjuku Line. Ada baiknya sebelum menuju ke Kamakura station, anda perlu singgah ke Kita kamakura. Karena disana juga terdapat Shrine dan temple yang sangat bersejarah.

Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu alternatif wisata yang patut dikunjungi jika anda berkesempatan ke negeri sakura.

*Salam sejuk dari negeri sakura…
By: imma.w.a.
Sakura-ku, Saitama-shi
Japan

Tidak ada komentar: