Minggu, 25 April 2010

HANAMI shimashita 2010 in Japan….(*SAKURA, begitu banyak cerita tentangmu….)

HANAMI telah tiba kembali dan disambut gembira seluruh rakyat di negeri sakura tanpa terkecuali. Inilah saat yang paling dinanti-nanti oleh semua warga Negara Jepang termasuk warga Negara asing yang sedang menetap di negeri sakura.

Mekarnya bunga sakura di jepang mempunyai waktu yg berbeda-beda, dimulai di bulan Januari di OKINAWA dan sampai di daerah kantou/Tokyo sekitar akhir Maret sampai April. Terakhir di Hokkaido pada bulan Mei. Periode bloomingnya sakura sangat pendek, jadi jangan pernah melewatkan saat-saat mekarnya sakura di Negara Jepang jika anda kebetulan berada di negeri sakura.

HANAMI dapat diartikan sebagai tradisi melihat/menikmati mekarnya bunga sakura sambil diselingi dengan acara makan dan minum sake/bir bersama-sama dibawah rindangnya pohon sakura. Tradisi ini sudah lama dilakukan oleh Negara Jepang sejak abad ke 7. Bunga sakura merupakan symbol dari Negara Jepang yang memiliki sekitar 400 jenis sakura, yang paling terkenal adalah jenis somei-yoshino (Yedoensis). Warna bunganya hampir murni putih disertai warna pink pucat di sekitar bagian batangnya. Bunga sakura hanya mekar sebentar dan akan jatuh dalam waktu seminggu sebelum daun keluar dari batang2 pohon sakura. Pohon sakura disebut juga sebagai pohon cherry, hanya saja tidak berbuah. Dan terpenting lagi, bunga sakura ini juga dilambangkan sebagai AWAN karena sifat mekarnya yang massal selain juga metafora sebagai bentuk dari alam fana, terkait dengan masyarakat di Negara Jepang yang beragama Budha. MEKAR-nya bunga sakura dapat diartikan sebagai nasib baik, lambang cinta dan kasih sayang sebagai symbol dari musim semi.

HANAMI dan festifal bunga diadakan di Jepang setiap musim semi. Pada saat hanami, semua orang berkumpul untuk makan-makan dan minum-minum bersama sambil bernyanyi dan menari sepanjang malam di bawah rindangnya pohon sakura. Mereka kebanyakan membawa makanan sendiri dari rumah (bentou), ada juga yang membeli dari penjual makanan di tempat acara hanami berlangsung.

Banyak tikar digelar di sepanjang jalan di bawah pohon sakura, sebagai tempat bagi mereka untuk duduk-duduk, makan-makan dan minum-minum bersama.

Sehingga saat-saat HANAMI seperti ini, khusus disediakan tempat sampah berukuran besar dalam jumlah yang cukup banyak untuk menampung sisa-sisa bungkus makanan/bentou para warga yang sedang ber-HANAMI.

Para pemulung/homeless yang biasanya bertebaran di UENO Park, pada saat-saat seperti ini menyingkir entah kemana. UENO Park benar-benar dipenuhi khusus oleh penduduk di negeri sakura khususnya di kawasan kantou untuk menikmati mekarnya bunga sakura secara nyaman dan santai.

Perayaan HANAMI tidak hanya terjadi di UENO Park, tetapi hampir di semua taman yang ada di Jepang mempunyai pohon sakura yang bermekaran. Hampir di semua taman kota, kita bisa menyaksikan HANAMI…. gelaran tikar di bawah rindangnya pohon sakura dengan serombongan orang-orang dari segala umur, baik anak-anak hingga orang tua.

Video tentang HANAMI shimashita bisa dilihat disini  http://www.youtube.com/watch?v=nQWPqv2OW4c  dan disini: http://www.youtube.com/watch?v=yuAhDyylVXU 

Hampir semua rumah di negara Jepang memiliki pohon sakura di halaman rumah mereka, karena pohon sakura merupakan simbol cinta kasih sayang (*seperti dijelaskan di atas).

Merunut kembali ke belakang, pada jaman PD II, bunga sakura digunakan untuk memotivasi orang-orang Jepang dalam nasionalisme dan militerisme. Sebagai contoh, seorang PILOT akan mengecat pesawatnya dengan bunga sakura sebelum memtuskan untuk melakukan bunuh diri. Terkadang juga mengambil dahan pohon sakura untuk mereka bawa saat berperang. Sehingga dapat diartikan, jatuhnya kelopak bunga sakura sebagai pengorbanan rakyat dalam misi bunuh diri untuk menghormati Sang KAISAR.

Begitu berartinya bunga sakura bagi rakyat Jepang, hingga sampai sekarangpun banyak dijadikan simbol dalam berbagai kegiatan, baik itu musik, tarian, drama, sampai kepada kimono.

Wajar jika sakura menjadi simbol negara Jepang, pohonnya yang unik membuat orang tidak jemu untuk memandangnya. Dan bunganya yang mekar hanya dalam waktu relatif sebentar selalu dinanti-nantikan kedatangannya oleh semua orang.

SAKURA, HANAMI, begitu banyak cerita tentangmu……..

*Salam sejuk dari negeri sakura
By: imma.w.a.
Sakura-ku, Saitama-shi
Japan

Tidak ada komentar: