Kamis, 31 Maret 2011

ODEN : Japanese traditional food-soup... (*Oden makes me warm... :">..)

Oden ala imma-san, saitama-shi,japan
ODEN adalah salah satu jenis makanan khas negeri sakura yang sangat populer, khususnya di musim dingin (*winter season). Mungkin lebih familiar sebagai Japanese Hot Pot. Menurut saya, Oden ini bisa dimasukkan dalam kategori jenis soup (*jika di Indonesia...) yang terdiri dari beberapa jenis vegetables atau sayuran, seafood,  kue ikan (chikuwa), agar-agar, rumput laut, toufu, konnyaku (kue ubi), tamago (telur), dan beberapa lagi sesuai selera masing-masing.

Biasanya, seluruh bahan-bahan oden ini dimasak dalam panci keramik besar yang disebut 'donabe', tetapi adakalanya juga dimasak di panci modern dalam ukuran besar. Oden ini seringkali disajikan dengan sake sebagai pendampingnya. Dan hampir kebanyakan kedai sake, pasti juga menyajikan menu oden.

Oden ala Design & Planning laboratory, Saitama, Japan
Ada berbagai macam resep membuat oden dengan bahan-bahan sesuai dengan selera masing-masing. Apakah hanya dengan jenis vegetables dan seafood saja ataukah mau ditambahi dengan ayam atau pork, semuanya sesuai selera masing-masing.

Adapun bahan dari oden adalah sebagai berikut (*mengenai jumlahnya, terserah masing-masing):
  • lobak, dipotong sekitar 3/4 inch
  • kentang, diiris menjadi dua atau tiga bagian tergantung selera masing-masing
  • telur rebus yang sudah dikupas kulitnya
  • konnyaku atau kue ikan
  • atsuage atau tahu goreng, biasanya dipotong menjadi bentuk segitiga
  • rumput laut (*jika suka)
  • ganmodoki, sejenis tahu goreng yang berwarna pucat
  • pasta ikan, misalnya adalah chikuwa
  • kecap  (*sesuai selera)
  • sake jepang (*jika suka)
  • gula
Oden yg dijual di lawson/7-11
Jika anda ingin lebih praktis lagi, mungkin sebaiknya anda bisa membeli bumbu jadi oden yang biasanya banyak dijual di beberapa supermarket di negeri sakura.

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut: Pertamakali, masukkan kaldu sup dashi kedalam panci besar atau sering disebut 'donabe'. Kemudian, tambahkan sake, kecap dan gula kedalam sup tersebut.

Selanjutkan, masukkan semua bahan kedalam panci dan panaskan dengan api sedang sampai mendidih dan matang, kira-kira sekitar 40-60 menit. Tambahkan kaldu dan kecap sesuai selera anda masing-masing. Dan siap untuk disajikan dalam mangkok-mangkok sesuai selera. Jika anda tidak terlalu suka memasak, tetapi ingin mencoba oden di rumah anda sendiri, semuanya bisa dilakukan. Anda bisa membeli bahan-bahan oden yang sudah jadi sekaligus bumbunya di beberapa supermarket. Semuanya telah dikemas dalam plastik-plastik sesuai ukuran masing-masing, jadi anda tinggal menghangatkan saja di rumah.

Oden yang dijual di Lawson/7-11, Saitama-shi
Oden ini juga banyak dijual di beberapa familymart, lawson ataupun 7-11 (*Perhatikan foto oden di sebelah kiri).

Biasanya harga persatuannya adalah 100yen, jadi jika anda ingin membeli 5 macam, berarti anda harus membayar 500yen sudah termasuk kuah dan bumbunya.

Tetapi, anda juga bisa membeli oden jadi di beberapa market, 1 pak oden bermaca-macam harganya, sesuai dengan jenis bahannya. Mulai dari 150 yen sampai dengan 380 yen.

Oden lawson, saitama-shi, japan
Terkadang, harga oden bisa menjadi lebih murah pada jam-jam tertentu di lawson, yang semula sekitar 100-120 yen perbuah, bisa menjadi hanya 70yen per buah.

Tetapi menurut saya, tetap lebih hemat jika kita membuat oden sendiri di rumah, membeli bahan-bahannya di supa dan mengolahnya di rumah. Itu jauh lebih hemat dan hasilnya pun jauh lebih banyak.... :D...

So, it's easy to make oden. Please try making oden at home, using your favorite ingredients.


*Salam sejuk dari negeri sakura....

by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi
JAPAN

Tidak ada komentar: