Selasa, 14 September 2010

Hikawa Shrine, OMIYA...... (*One of The Old Shrine in Kantou Area.....)

Hikawa Shrine (冰川 神社) adalah sebuah Kuil atau Temple Shinto yang terletak di distrik Omiya. Di sekitar tempat itu terdapat sebuah taman yang luas  yang ditata dengan sangat asri dan indah serta terdapat banyak pohon bunga sakura, kebun binatang dan museum.


Omiya itu sendiri, secara harfiah adalah 'Great Kuil', berasal dari  Kaisar Meiji, yang kemudian menjadikan Hikawa sebagai salah satu Kuil Shinto di wilayah Kanto.
Menurut tradisi, kuil ini didirikan pada masa pemerintahan Kaisar Kosho pada 473 SM. Sebuah legenda menceritakan bahwa Yamato Takeru, yang terluka kakinya selama perang salib menuju ke Timur, mengunjungi tempat ziarah dan mengikuti arah seorang tua yang muncul dalam mimpinya.  
Setelah menyembah, dia mampu berdiri sendiri. Hal ini diketahui bahwa nama daerah tersebut adalah Ashidate (足 立), Secara harfiah berarti "Leg Stand", dan akhirnya dinamai seperti itu setelah kejadian ini. Kolam di lingkungan rumah suci itu adalah sisa Minuma dan dianggap memiliki akar di enshrining air Dewa Minuma.

Dari 1871 (Meiji 4) sampai dengan 1946 (Shōwa 21), kuil Hikawa resmi ditunjuk sebagai salah satu Taisha-Kanpei (官 币 大 社), artinya tempat suci pertama yang didukung oleh pemerintah. Struktur dari Kuil utama direnovasi pada tahun 1882 (Meiji 15). Pada tahun 1940 (Shōwa 15)), sebuah proyek yang dibiayai oleh pemerintah kembali  memperbaiki struktur tempat suci utama, menara gerbang, dan struktur lainnya. Termasuk jalan masuk ke Kuil Hikawa (Entrance Torii). Perhatikan foto diatas....
Adapun perkembangan dari Hikawa Shrine, adalah sebagai berikut:
  • 11 Desember 1868 (Meiji 1, hari ke 28 dari bulan ke-10): kunjungan pertama sang kaisar
  • 1870 (Meiji 3, 1 hari bulan 11): Kaisar memuja di Hikawa  
  • 1873 (Meiji 6): Kaisar bergerak dari negara bagian menuju ke kuil 
  • 31 Agustus 1878 (Meiji 11, 31 hari dari bulan ke-8): Kaisar melakukan perjalanan dari Tokyo ke Hikawa
  • 1896 (Meiji 29): Pangeran Mahkota Yoshihito melihat tempat suci itu/hikawa shrine
  • 1917 (Taishō 6): Pangeran Mahkota Hirohito mengunjungi Hikawa shrine
  • 1919 (Taishō 8): Bupati (sesshō) melihat tempat suci/hikawa shrine
  • 1920 (Taishō 9): Ratu Sadako (Kogo) melihat Hikawa shrine
Hikawa Shrine ini akan sangat ramai pada saat musim summer, karena disini akan diadakan summer festifal. Biasanya diadakan pada awal bulan Agustus.

Masyarakat Jepang banyak yang berkunjung ke Hikawa Shrine pada awal Agustus, tepatnya pada saat summer festifal.
Karena disitu akan diadakan semacam upacara adat Jepang serta tari-tarian khas Jepang.
Para penari mengenakan pakaian khas Jepang yang unik.
Foto di sebelah kiri ini adalah salah satu grup penari remaja yang saat itu melakukan atraksi di festifal yang diadakan di Hikawa Shrine.










Jika kebetulan anda berada di negeri sakura pada awal bulan Agustus dan ingin berkunjung ke Hikawa Shrine, sebaiknya anda berangkat pagi-pagi.

Karena festifal ini diadakan pada pagi hari sekitar jam 8....

Untuk menuju ke Hikawa Shrine, dari Tokyo Station anda bisa menggunakan JR train Keihin Tohoku Line dan berhenti di Omiya Station.

Anda cukup berjalan kaki saja dari Omiya station sekitar 5-10 menit.











Tertarik untuk mengunjungi Hikawa Shrine ???...

Jangan khawatir, anda juga bisa menikmati taman yang indah di sekitar Hikawa Shrine, banyak bunga sakura disana jika anda berkunjung pada saat musim sakura bermekaran.....

Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang yang ada di sekitar Hikawa Shrine....

Pasti waktu berlibur anda akan sangat menyenangkan dengan menikmati festifal di Hikawa Shrine.

Anda juga bisa mengunjungi Omiya Park, ada banyak hal yang bisa anda jumpai disana, termasuk tempat olah raga (kolam berenang) dan masih ada juga beberapa Shrine yang unik.

Selamat berwisata.......


*Salam sejuk dari negeri sakura.....


by: imma.w.a.
721-8 Kami-okubo, Sakura-ku
Saitama-shi, Japan

 



Tidak ada komentar: